Apa Perbedaan Ilmu dan Harta?

Apa Perbedaan Ilmu dan Harta?

Ketika para Sahabat Bertanya kepada Ali RA dengan pertanyaan apa berbedaan ilmu dan harta ..? ALI RA menjawab dengan memberi sepuluh jawaban berbeda.

1. Ilmu itu lebih utama dari harta. Sebab ilmu adalah pusaka/warisan para Nabi, sedangkan harta adalah warisan Qarun, Fir’aun dan lainnya.

2. Ilmu itu lebih utama dari harta, sebab ilmu dapat menjaga kamu, sedangkan harta, maka kamulah yang menjaganya.

3. Ilmu itu lebih utama dari harta, sebab orang yang kaya harta banyak musuhnya, sedangkan orang yang kaya ilmu banyak sahabatnya.

4. Ilmu itu lebih utama dari harta, sebab harta kalua dibelanjakan menjadi berkurang, sedangkan ilmu kalau diberikan malah bertambah.

5. Ilmu itu lebih utama dari harta sebab orang yang banyak harta dipanggil dengan sebutan bakhil, sedangkan orang yang banyak ilmunya disebut mulia/agung.

6. Ilmu itu lebih utama dari harta. Sebab ilmu tidak akan di curi dari para pencuri, sedangkan harta harus dijaga dari pencuri.

7. Ilmu itu lebih utama dari harta. Sebab pada hari kiamat nanti ,orang-orang yang banyak harta pasti akan dihisab,sedangkan orang yang ilmunya bermanfaat dapat memberikan syafa’at pada hari kiamat.

8. Ilmu itu lebih utama dari harta, sebab lamanya pengganguran melewatkan harta dapat rusak dan habis, sedangkan ilmu tidak akan rusak dan tidak akan habis.

9. Ilmu itu lebih utama dari harta, sebab harta dapat menjadikan kerasnya perasaan, sedangkan ilmu dapat menerangi hati.

10.Ilmu itu lebih utama dari harta. Sebab orang yang memiliki harta terkadang sering mengakui sifat ketuhanan, sedangkan orang yang berilmu akan mengaku sebagai hamba.

Comments

  1. Usahakan ditulis Sumbernya biar dapat barokah, Setau saya ini Perkataan Sahabat
    KARROMALLAHU WAJHAH ALI BIN ABI THALIB.
    Dalam Kitab Ushfuriyah Karangan Syekh Muhammad bin Abu Bakar al-Ushfuri.

    Wallohu A’lam Bishowab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *