Iman, Kunci Kesuksesan Bisnis Seorang Dewa Eka

Seminar bulanan Rumah Pemberdayaan Masyarakat kali ini  di awal tahun 2020, Selasa, 7 Januari 2020, menghadirkan Dewa Eka, anak muda dengan semangat di atas rata-rata, yang telah mengalami banyak cobaan dan rintangan dan pada akhirnya mampu melewati semua. Tidak sembarangan cobaannya langsung dengan nilai yang fantastis 7 milyar.

Hanya anak muda yang benar-benar anak muda yang bisa menyelesaikan masalah sebesar ini. Dan benar alhamdulillah Dewa Eka menyelesaikannya dalam waktu 5 tahun saja. Kok bisa menyelesaikan masalah sebesar 7 milyar hanya dalam waktu 5 tahun saja? rahasianya satu: IMAN

Itulah rahasia anak muda ini yang banyak tertuang di dalam setiap tulisan-tulisannya, acara seminar/ workshop sewaktu dia menjadi pembicaranya dan pada kesempatan-kesempatan sharing lainnya.

Mari kita tadabbur Alquran surat Rum ayat 54, apa arti pemuda menurut Alquran:
Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.

Pemuda menurut ayat di atas adalah:
1. Kekuatan. Artinya jadilah pemuda yang kuat sekuat kuda tunggangan. Latih fisikmu dengan olahraga rutin yang akan membuat otot-otot tubuhmu berkembang kuat, kaki, tangan dan badanmu mampu menyokong tugas-tugasmu yang sebanyak isi langit.

Tidak hanya tentang fisik tapi juga sikap. Tidak ada tempat di dalam Islam pemuda yang lemah fisik, hobinya mengumbar aib dan kelemahan di medsos. Kelemahan masa kanak-kanak takkan pernah lagi ditunjukkan saat dia beranjak menjadi pemuda. Cengeng, lemah, mudah mengeluh, gampang putus asa, dan kelemahan lainnya bukan ciri pemuda Islam. Stop mengumbar aib dan kelemahanmu dimedsos, yang akan digunakan musuh untuk melawanmu kelak. Jejak digitalmu tak mudah hilang di dunia maya, maka tahanlah dari memposting kelemahan dirimu. Tampilkan dirimu sebagai sosok seorang pemuda yang kuat, cerdas, terampil, pejuang yang pantang menyerah.

2. Kesempatan. Menjadi pemuda adalah terbatas oleh waktu yang sebentar, manfaatkan sebaik-baiknya, kekuatan fisik dan kekuatan pikirmu dan cari ilmu dengan serius untuk bekal kamu menghasilkan karya besar yang bermanfaat untuk umat manusia. Bagaimana responmu jika ada diskon pembelian mobil Expander hanya seharga 100 juta saja, dan berlaku hanya 1 hari? pasti setiap pemuda yang paham dan memiliki cita-cita akan mengejarnya tawaran yang sangat berharga itu sekuat tenaga mereka. Itulah permisalan masa muda yang terbatas oleh waktu.

3. Pemuda adalah kekuatan di antara dua kelemahan. Kelemahan pertama adalah ciri anak-anak, kelemahan kedua adalah orangtua, yang kaya pengalaman dan ilmu namun karena tua menurunkan daya pikirnya, kekuatan fisiknya, turun staminanya dan kelemahan-kelemahan lainnya. Kekuatan itu adalah kekuatan fisik dan ilmu dan pengalaman. Pemuda Islam harus mampu memadukan kedua kekuatan itu fisik dan ilmu serta pengalaman. Sebagai fondasi Islammu, pelajari dua kitab penjagamu Alquran dan Sunnah Nabimu, sebelum kamu melahap banyak buku-buku lainnya yang kamu minat mempelajarinya. Karena Alquran dan Sunnah sebagai penahan, penimbang untuk kamu mengambil keputusan-keputusan penting. Selama ilmu itu tidak bertentangan dengan prinsip Alquran dan sunnah, lanjutkan dan jangan ragu untuk meninggalkan jika ilmu itu menyalahi keduanya. Bagaimana caranya mengetahui ilmu itu bertentangan dengan Alquran dan sunnah? ngaji secara rutin, jadikan agenda dan kurikulum belajarmu bersama ilmu-ilmu lainnya, bukan sampingan tapi utama, karena itu penjagamu.

Eha Nasuha, owner Pontir Jaya Food, bisa diakses di IGnya cemilanpontir atau FBnya Kartini Eha, beliau menulis poin-poin penting yang disampaikan oleh kang Dewa:

1. Pasrah Tawakal ‘alallah. Setelah melalui doa kemudian diikuti dengan ikhtiar maksimal, selanjutnya adalah pasrahkan semua kepada Allah dan yakinlah kepada janji Allah. Masalah umat saat ini adalah lemah keyakinannya sehingga Allah tidak pernah menjadikannya sukses berbisnis
2. Menjadi orang luar biasa bukan yang biasa saja, orang biasa jam 3 tengah malam asik tidur pulas, kita bangun sholat tahajud.
Orang biasa sibuk baca status wa, kita sibuk baca buku dan quran, orang biasa sedekah 1 minggu 1x, kita tiap hari di pagi hari. Menjadi hamba terbaik, ini adalah anjuran di dalam Alquran, fastabiqul khairaat juga anjuran Nabi kita Muhammad saw di setiap posisi dan kondisi kita. Nabi bersabda:

khairukum khairukum li ahlihi, wa anaa khairukum li ahlii
Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya. Aku adalah orang terbaik diantara kalian terhadap keluargaku. (HR. At-Tirmidzi).

3. Berani bermimpi & mewujudkan mimpi (merubah mindset).
Orang biasa tak berani bermimpi sampai milyaran, kita bukan hanya sekedar mimpi tapi langsung eksen
Orang biasa malas dan banyak leha-leha karena hanya memikirkan kemajuan serta kekayaan diri sendiri, sementara kita sibuk sedekah dan mengumpulkan ladang pahala.
Point nya:
1. Berani terima tantangan/challenge
2. Tahu Cara mengatasi hambatan diri sendiri
3. Effort/berusaha sebaik mungkin
4. Berani menerima kritikan dan saran dari orang lain
5. Lesson. Menjadikan semua kejadian sebagai pelajaran dan bahan evaluasi

BISNIS adalah bergerak bukan diam, tetapkan omzet yang besar yang membuat anda tidak yakin bisa tapi anda pasti bisa, yakinlah bahwa pertolongan Allah pasti datang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *